Dibandingkan dengan behaviorisme dan kognitivisme, konstruktivisme individu mengusulkan pengetahuan tidak diperoleh dari dunia luar secara pasif atau ditanamkan sebagai representasi apriori dalam pikiran tetapi dibangun oleh kemampuan pikiran untuk secara aktif mengeksplorasi dan mengembangkan menjadi sesuatu fenomena yang bermakna bagi diri sendiri. Sumber pengetahuan yang dihasilkan dari interaksi individu sebelumnya dan bersamaan dengan lingkungan fisik dan sosial mereka dan melalui kemampuan mereka untuk memaknai sebagai alasan tentang dan secara simbolis mengubah interaksi ini menjadi interpretasi pribadi yang terbangun.
Sumber: Diadopsi dari Bahan pelatihan Master Trainer Pedagogy Program Indonesia – Singapore
Baca juga ….
Teori Cognitivism Teori Belajar Constructivism Teori Social Constructivism Teacher-centred-student-centred Pendekatan-mengajar-pendekatan-instructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-contructivism Pendekatan-mengajar-pendekatan-social-constructivism 9-peristiwa-gagne pada pembelajaran Pembelajaran-kooperatif Cooperative Learning Pengelolaan-kelas Pembelajaran Berpusat Pada Siswa RPP-kurikulum-2013 Endarta-smkn5-banjarmasin-mtpp-indonesia-singapore-multiplier-training-1 Mengamati-menanya-mengumpulkan-informasi-mengasosiasi-mengkomunikasikan Pembelajaran-kurikulum-2013 belajar-pedagogi
Ping balik: RPP KURIKULUM 2013 | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK
Ping balik: Endarta SMKN5 Banjarmasin MTPP Indonesia – Singapore Multiplier Training 1 | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK
Ping balik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK
Ping balik: Pembelajaran Kurikulum 2013 | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK
Ping balik: Pembelajaran Kooperatif – Cooperative Learning model Jigsaw | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK
Ping balik: Mengkaji Silabus | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK
Ping balik: PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR | I MADE YUDA ASMARA