RPP KURIKULUM 2013


RPP Kurikulum 2013

Apa yang dimaksud dengan RPP Kurikulum 2013?

RPP Kurikulum 2013 kependekan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. RPP Kurikulum 2013 adalah suatu rencana yang menggambarkan langkah-langkah yang akan dilakukan seorang guru yang akan melaksanakan pembelajaran berdasar pada ketentuan kurikulum 2013. Kesuksesan implementasi Kurikulum 2013 ditentukan juga oleh strategi pembelajaran yang tepat dan menunjang terwujudnya seluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memuat apa yang seharusnya diajarkan kepada peserta didik, sedangkan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik.

RPP Kurikulum 2013 merupakan jembatan sukses implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 yang menurut dokumen kurikulum berpusat pada siswa. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran harus didahului dengan penyiapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP Kurikulum 2013) yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada Silabus. Karena itulah sebelum mengajar setiap guru wajib membuat rencana pelaksanaan pembelajaran / RPP Kurikulum 2013

rpp kurikulum 2013

rpp kurikulum 2013

Hakikat RPP Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013 pada hakikat (intisari atau dasar) nya adalah rencana pembelajaran yang  dikembangkan  secara  rinci  dari  suatu  materi  pokok  atau tema tertentu yang mengacu pada silabus kurikulum 2013 (Permendikbud 81a, 2013). Dari definisi ini RPP Kurikulum 2013 seyogyanya berisi rencana yang rinci tentang pembelajaran yang akan dilakukan berdasar kurikulum 2013. Seharusnya RPP Kurikulum 2013 berisi langkah-langkah mendetail tentang pembelajaran yang mengatur banyak aspek dalam pembelajaran kurikulum 2013. Dalam pengertian ini (rinci dan detail) RPP kurikulum 2013 akan sebanding dengan model RPP yang dikembangkang oleh para guru di negara tetangga, Singapore. Model RPP Singapore memiliki struktur yang lengkap dan detail sehingga memudahkan pelaksanaan di dalam pembelajaran. Pengalaman ini saya dapatkan setelah secara langsung ‘dipaksa’ membuat model RPP Singapore dalam program pelatihan MTPP Indonesia – Singapore.

RPP Kurikulum 2013 berdasar penjelasan yang tertera di dalam Permendikbud 81a berisi elemen-elemen sebagai berikut:

  1. data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester;
  2. materi pokok;
  3. alokasi waktu;
  4. tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi;
  5. materi pembelajaran; metode pembelajaran;
  6. media, alat dan sumber belajar;
  7. langkah- langkah kegiatan pembelajaran; dan
  8. penilaian.

RPP Kurikulum 2013 jika dibandingkan dengan model RPP kurikulum 2006 / KTSP elemen-elemen tersebut di atas tidak jauh beda, namun demikian perlu diperhatikan bahwa pembelajaran kurikulum 2013 adalah sangat berbeda dengan pembelajaran kurikulum sebelumnya sehingga seharusnya RPP Kurikulum 2013 harus dibuat berbeda yaitu lebih RINCI dan DETAIL.

Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013, masih berdasar Permendikbud 81a tahun 2013 seharusnya dikembangkan oleh guru secara mandiri ataupun berkelompok dengan mempertimbangkan asas atau dasar sebagai berikut:

  1. RPP Kurikulum 2013 disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP Kurikulum 2013 dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  3. RPP Kurikulum 2013 harus mendorong partisipasi aktif peserta didik
  4. RPP Kurikulum 2013 harus sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
  5. RPP Kurikulum 2013 harus mampu mengembangkan budaya membaca dan menulis
  6. RPP Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  7. RPP Kurikulum 2013 mampu memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  8. RPP Kurikulum 2013 memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
  9. RPP Kurikulum 2013 mampu menjalin keterkaitan dan keterpaduan.
  10. RPP Kurikulum 2013 disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  11. RPP Kurikulum 2013 menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  12. RPP Kurikulum 2013 disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen dan Sistematika RPP Kurikulum 2013


  • Sekolah                  :
  • Mata pelajaran      :
  • Kelas/Semester    :
  • Materi Pokok        :
  • Alokasi Waktu       :

A. Kompetensi Inti (KI)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator

1. (KD pada KI-1)

2. (KD pada KI-2)

3. (KD pada KI-3)

Indikator          :

4. (KD pada KI-4)

Indikator          :


Catatan:

KD-1 dan KD-2 dari KI-1 dan KI-2 tidak harus dikembangkan dalam indikator karena keduanya dicapai melalui proses pembelajaran yang tidak langsung. Indikator dikembangkan hanya untuk KD-3 dan KD-4 yang dicapai melalui proses pembelajaran langsung


C.  Tujuan Pembelajaran

D.  Materi  Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)

E.  Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)

F.  Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1. Media

2. Alat/Bahan

3. Sumber Belajar

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Kesatu:

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)

b.  Kegiatan Inti (…menit)

c.  Penutup (…menit)

2. Pertemuan Kedua:

a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)

b.  Kegiatan Inti (…menit)

c.  Penutup (…menit)

H.  Penilaian

  1. Jenis/teknik penilaian
  2. Bentuk instrumen dan instrumen
  3. Pedoman penskoran

Langkah Pengembangan RPP Kurikulum 2013

a.  Mengkaji Silabus

b. Mengidentifikasi Materi Pembelajaran

c. Menentukan Tujuan

d. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

e. Penjabaran Jenis Penilaian

f. Menentukan Alokasi Waktu

g. Menentukan Sumber Belajar

 

Petunjuk Pembuatan RPP Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013 wajib dibuat oleh setiap pendidik sebelum masuk ke dalam kelas memberikan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Seperti telah disebutkan di atas, pembelajaran kurikulum 2013 adalah pembelajaran berpusat pada siswa, karena itu rpp kurikulum 2013 yang kita buat juga harus mengarahkan terwujudnya pembelajaran  berpusat pada siswa tersebut.

bersambung …. istirahat dulu


Baca juga …

Tentang Endarta

Menyelesaikan program S1 (1986) di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta sekarang Universitas Negeri Yogyakarta, pada jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Menyelesaikan program S2 (2008) di Fakultas Teknik Mesin , Magister Sistem Teknik , Universitas Gajah Mada, Yogyakarta Menyelesaikan Master Trainer Pedagogy Program awal 2013 kerjasama Kemdikbud Indonesia dengan Institute of Technical Education - ITE Singapore. Mengikuti Diklat, Bimtek dan Penyegaran Instruktur Provinsi Kurikulum 2013 dan Revisi.
Pos ini dipublikasikan di education, kurikulum 2013 dan tag , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke RPP KURIKULUM 2013

  1. Ping balik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK

  2. Ping balik: Endarta SMKN5 Banjarmasin MTPP Indonesia – Singapore Multiplier Training 1 | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK

  3. Ping balik: Pembelajaran Kurikulum 2013 | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK

  4. Ping balik: Pembelajaran Kooperatif – Cooperative Learning model Jigsaw | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK

  5. Ping balik: Mengkaji Silabus | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK

  6. Miky Ariska berkata:

    referensinya nggaada kah min ?

  7. terima kasih pak, sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s