Mengkaji Silabus


Mengkaji Silabus

Oleh : EndartaAdiM

Mengkaji silabus adalah langkah awal mengembangkan RPP. Mengkaji silabus langkah yang SANGAT PENTING. Mengkaji silabus adalah langkah menterjemahkan silabus yang ditulis menurut standar proses yang masih bersifat umum. Mengkaji silabus adalah kegiatan membuat rincian dari mengamati, menanyamengumpulkan informasi, mengolah/mengasosiasi dan mengkomunikasikan ke dalam langkah-langkah guru dalam pembelajaran yang membuat peserta didik aktif belajar. Mengkaji silabus juga meliputi langkah merumuskan indikator KD dan penilaiannya.

Mengkaji silabus dijelaskan secara jelas dalam Permendikbud No. 81a tentang Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 yang redaksi lengkapnya adalah sebagai berikut:

Secara umum, untuk setiap materi pokok pada setiap silabus terdapat 4 KD sesuai dengan aspek KI (sikap kepada Tuhan, sikap diri dan terhadap lingkungan, pengetahuan, dan keterampilan). Untuk mencapai 4 KD tersebut, di dalam silabus dirumuskan kegiatan peserta didik secara umum dalam pembelajaran berdasarkan standar proses. Kegiatan peserta didik ini merupakan rincian dari eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yakni: mengamati, menanya,mengumpulkan informasi, mengolah dan mengkomunikasikan. Kegiatan inilah yang harus dirinci lebih lanjut di dalam RPP, dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar. Pengkajian terhadap silabus  juga  meliputi  perumusan  indikator  KD  dan penilaiannya.

Contoh Mengkaji Silabus

Mengkaji silabus adalah tahapan membuat rincian langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar. Mengkaji silabus tentu harus berdasar pada kompetensi dasar KD maupun topik yang akan dipelajari. Agar langkah mengkaji silabus lebih mudah dipahami maka sebaiknya digunakan aplikasi untuk memvisualisasikan apa yang ada di dalam pikiran kita. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah XMIND. Hasil sementara mengkaji silabus menggunakan XMIND adalah sebagai berikut:

mengkaji silabus

mengkaji silabus

Mengkaji silabus , seperti yang saya lakukan di atas menghasilkan fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip, prosedur-prosedur maupun proses-proses yang seharusnya menjadi obyek belajar siswa. Hasil kegiatan mengkaji silabus yang lain yaitu Kriteria Unjuk Kerja (KUK) dan Hasil Akhir Pembelajaran (HAP) yang kita tulis kan dalam label kuning kecil (sebelah kanan kata – perlengkapan). Lihat ilustrasi mengkaji silabus berikut ini:

mengkaji silabus

mengkaji silabus – KUK dan HAP

Mengkaji silabus kita lanjutkan dengan menuliskan TIK atau Tujuan Instruksional Khusus atau Tujuan Pembelajaran Khusus yang terkait dengan langkah belajar pertama (pada gambar paling kiri) yaitu Macam-macam PPD (sorry dlm gbr PPE istilah Inggris). Berikut ilustrasi mengkaji silabus pada materi Macam-macam PPD …

mengkaji silabus - TIK

Mengkaji Silabus – TIK

Langkah mengkaji silabus selanjutnya adalah memasukkan Tujuan Pembelajaran atau Tujuan Instruksional Khusus – TIK ke dalam langkah belajar ke 2 yaitu – Cara Menggunakan PPD ( sorry dalam Gambar PPE) seperti ilustrasi berikut …..

mengkaji silabus - TIK2

mengkaji silabus – TIK2

Dengan langkah mengkaji silabus seperti di atas kita mendapatkan rincian terjemahan dari silabus yang masih berupa langkah-langkah pembelajaran secara umum yang dinyatakan dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan untuk menyusun RPP yang berkualitas. Langkah saya mengkaji silabus di atas barulah sampai pada sub topik pertama yaitu Menggunakan Perlengkapan Pelindung Diri.

Mengkaji silabus  dilanjutkan dengan sub topik ke 2 , ke 3 dan seterusnya hingga seluruh sub topik di kaji dan diusahakan memenuhi dan telah mempertimbangkan kriteria-kriteria berikut:

  1. potensi peserta didik;
  2. relevansi dengan karakteristik daerah,
  3. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
  4. kebermanfaatan bagi peserta didik;
  5. struktur keilmuan;
  6. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
  7. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
  8. alokasi waktu.

Mengkaji silabus  yang kita simulasikan di atas telah cukup lengkap  dan siap di teruskan menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP yang kredibel, Insya Allah.

Mengkaji Silabus Kurikulum 2013

 

Aplikasi Mengkaji Silabus

Mengkaji silabus awal mula datang dalam pikiran kita. Boleh jadi banyak sekali buah pikiran kita dalam proses mengkaji silabus ini. Mengkaji silabus hanya dalam angan-angan (pikiran) sudah tentu sulit diorganisasikan dan dikomunikasikan untuk mendapatkan hasil mengkaji silabus yang paling sempurna. Untuk membantu kita mengkaji silabus, saya sarankan menggunakan aplikasi komputer untuk memvisualisasikan buah pikiran kita yaitu XMIND. Saya sarankan pembaca membuka posting saya yang lain disini Tutorial XMIND.

Semoga menginspirasi dan membantu meningkatkan kredibilitas RPP Kurikulum 2013 kita. Amiinn.


Baca juga ….

Teori Cognitivism
Teori Belajar Constructivism
Teori Social Constructivism
Teacher-centred-student-centred
Pendekatan-mengajar-pendekatan-instructivism
Pendekatan-mengajar-pendekatan-contructivism
Pendekatan-mengajar-pendekatan-social-constructivism
9-peristiwa-gagne pada pembelajaran
Pembelajaran-kooperatif Cooperative Learning
Pengelolaan-kelas
Pembelajaran Berpusat Pada Siswa
RPP-kurikulum-2013
Endarta-smkn5-banjarmasin-mtpp-indonesia-singapore-multiplier-training-1
Mengamati-menanya-mengumpulkan-informasi-mengasosiasi-mengkomunikasikan
Pembelajaran-kurikulum-2013
belajar-pedagogi
pembelajaran-kooperatif-cooperative-learning-model-jigsaw
portfolio

Tentang Endarta

Menyelesaikan program S1 (1986) di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta sekarang Universitas Negeri Yogyakarta, pada jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Menyelesaikan program S2 (2008) di Fakultas Teknik Mesin , Magister Sistem Teknik , Universitas Gajah Mada, Yogyakarta Menyelesaikan Master Trainer Pedagogy Program awal 2013 kerjasama Kemdikbud Indonesia dengan Institute of Technical Education - ITE Singapore. Mengikuti Diklat, Bimtek dan Penyegaran Instruktur Provinsi Kurikulum 2013 dan Revisi.
Pos ini dipublikasikan di kurikulum 2013 dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Mengkaji Silabus

  1. Ping balik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA KURIKULUM 2013 SMK

  2. Ping balik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan | PEMBELAJARAN BERPUSAT PADA SISWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s