Penilaian Portofolio


Pengertian Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan dengan menggunakan bukti-bukti hasil belajar (evidence) yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dipelajari. Evidence tersebut dapat berupa karya peserta didik (hasil pekerjaan) dari proses pembelajaran yang dianggap terbaik, atau bentuk informasi lain yang terkait dengan kompetensi keahlian tertentu.

Penilaian Portofolio

Penilaian Portofolio

Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang peserta didik, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja yang ditentukan oleh guru atau oleh peserta didik bersama guru, sebagai bagian dari usaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum. Jadi, tidak setiap kumpulan karya seorang peserta didik disebut portofolio.   Portofolio digunakan sebagai instrumen penilaian atau salah satu komponen dari instrumen penilaian, untuk menilai kompetensi peserta didik, atau menilai hasil belajar peserta didik.

Sebagai instrumen penilaian, portofotio; difokuskan pada (dokumen tentang kerja siswa yang produktif, yaitu ‘bukti’ tentang apa yang dapat dilakukan oleh siswa, bukan apa yang tidak dapat dikerjakan (dijawab atau dipecahkan) oleh siswa. Bagi guru, portofolio menyajikan wawasan tentang banyak segi perkembangan siswa dalam belajarnya: cara berpikirnya, pemahamannya   atas   pelajaran   yang   bersangkutan, kemampuannya   mengungkapkan   gagasan-gagasannya, sikapnya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan, dan sebagainya.

Penilaian Portofolio bukan sekedar kumpulan hasil kerja siswa, melainkan kumpulan hasil siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti tentang kompetensi, pemahaman, dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Portofolio juga merupakan kumpulan informasi yang perlu diketahui oleh guru sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran, atau peningkatan,belajar siswa.

Jenis dokumen portofolio

Portofolio peserta didik untuk penilaian merupakan kumpulan produksi siswa, yang berisi berbagai jenis karya seorang siswa, misalnya:

  1. Hasil proyek, penyelidikan, atau praktik siswa, yang disajikan secara tertulis atau dengan penjelasan tertulis. T
  2. Gambar atau laporan hasil pengamatan siswa, dalam rangka melaksanakan tugas untuk mata pelajaran yang bersangkutan
  3. Analisis situasi yang berkaitan atau relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan
  4. Deskripsi dan diagram pemecahan suatu masalah, pada mata pelajaran yang bersangkutan
  5. Laporan hasil penyelidikan tentang. hubungan antara konsep-konsep dalam mata pelajaran atau antar mata pelajaran
  6. Penyelesaian soal-soal terbuka
  7. Hasil tugas pekerjaan rumah yang khas, misalnya dengan cara yang berbeda dengan cara yang diajarkan di sekolah atau dengan cara yang berbeda dari cara pilihan ternan-teman sekelasnya.
  8. Laporan kerja kelompok
  9. Hasil kerja siswa yang diperoleh dengan menggunakan alat rekam video, alat rekam audio, dan komputer.
  10. Fotokopi surat piagam atau tanda penghargaan yang pernah diterima oleh siswa yang bersangkutan.        .
  11. Hasil karya dalam mata pelajaran yang bersangkutan, yang tidak ditugaskan oleh guru (atas pilihan siswa sendiri tetapi relevan dengan mata pelajaran yang bersangkutan)
  12. Cerita tentang kesenangan atau ketidaksenangan siswa terhadap mata pelajaran yang bersangkutan
  13. Cerita tentang usaha siswa sendiri dalam mengatasi hambatan psikologis, atau usaha peningkatan diri, dalam mempelajari mata pelajaran yang bersangkutan.

Teknik Penilaian Portofolio

Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Jelaskan kepada peserta didik maksud penggunaan portofolio.
  2. Jelaskan sampel-sampel portofolio yang dapat digunakan.
  3. Peserta didik diharuskan mengumpulkan dan mengarsipkan portofolio.
  4. Cantumkan tanggal pembuatan pada setiap evidence.
  5. Tentukan kriteria penilaian sampel-sampel portofolio.
  6. Lakukan penilaian diri peserta didik.
  7. Lakukan perbaikan terhadap portofolio yang belum sesuai dengan kriteria.

Lembar Penilaian Portofolio

Penilaian Portofolio dapat dirangkum pada lembar penilaian portofolio seperti contoh berikut :

PENILAIAN PORTOFOLIO CONTOH_001

Contoh Lembar Penilaian Portofolio

Dikutip dari :

Penilaian Hasil Belajar Siswa SMK

Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP SMK

Dinas Pendidikan Propinsi Kalimantan Selatan

Tentang Endarta

Menyelesaikan program S1 (1986) di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta sekarang Universitas Negeri Yogyakarta, pada jurusan Pendidikan Teknik Elektronika. Menyelesaikan program S2 (2008) di Fakultas Teknik Mesin , Magister Sistem Teknik , Universitas Gajah Mada, Yogyakarta Menyelesaikan Master Trainer Pedagogy Program awal 2013 kerjasama Kemdikbud Indonesia dengan Institute of Technical Education - ITE Singapore. Mengikuti Diklat, Bimtek dan Penyegaran Instruktur Provinsi Kurikulum 2013 dan Revisi.
Pos ini dipublikasikan di kurikulum 2013. Tandai permalink.

14 Balasan ke Penilaian Portofolio

  1. indria berkata:

    salam, terimakasih tulisannya sangat membantu

  2. M. Sulaiman berkata:

    Bapak Endarta… Terima Kasih Ulasannya. sangat bermanfaat.

  3. Amin Aminudin berkata:

    Bagus tulisaanya pak…tks

  4. Lidia Heruningsih Sambeta berkata:

    Makasih Bapak tulisannya aku copy untuk share ke teman2 guru

  5. Tatang berkata:

    salam, terimkasih

  6. ien berkata:

    Postingannya sangat informatif. izin share ya pak.. Terima kasih

  7. liswatie berkata:

    Bapak izin share ya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s